Selamat datang dan selamat berbagi cerita. Menulis adalah awal mula kekreatifan seseorang :)

Minggu, 15 Juni 2014

Mandiri

Mandiri? Sempet selalu bertanya-tanya sama diri sendiri. Sudahkah saya mandiri? terus kalau iya, seberapa mandirinya saya sekarang ini?. Selalu bertanya-tanya sampai sekarang

Dibilang udah mandiri mungkin sekarang ini jauh lebih baik dari 2 tahun yang lalu. Kalau 2 tahun yang lalu,tepatnya saya masih merasakan bangku sekolah.Apa-apa pasti ada yang bantu,apa-apa pasti udah tersedia.Mana suka belanja -_-" rela enggak jajan deh saya demi dapetin sesuatu yang diingin. Pokonya gila.Jauh, sebelum saya merasakan mandiri itu sendiri, saya itu bisa dibilang seorang wanita yang jauh banget dari kata mandiri.

Gimana enggak,sarapan pagi? Udah siap, mau makan siang? pulang sekolah makanan
udah tersedia, Nyuci baju? masih mamak saya yang nyucin,jarang-jarang saya nyucinya -_-" nyetrika baju? mamak saya juga yang nyetrikain. Aduh jauh banget kan dari kata mandiri. Sayapun baru menyadarinya ketika saya merasakan yang namanya menjadi anak rantauan. Mencari ilmu yang jauh dari kedua orang tua, mau tidak mau menuntut saya untuk menjadi seorang wanita yang mandiri. Tapi, untungnya saya masih ada fikiran buat bantu mamak,untuk menyapu dan ngepel rumah disore harinya itu udah jadi kegiatan saya,tapi kalau hari minggu biasanya pagi sama sore saya yang ngerjain. *masih untuk ada yang bisa dibantu


Enggak ngampang ngerubah kebiasaan-kebiasaan buruk itu. Butuh proses yang nggak instan. Saya itu kalau dirumah, selalu sarapan pagi. Seenggaknya ada yang diisi perut pagi-pagi itu, soalnya kan badan butuh tenaga untuk memulai aktivitas.Biasanya selalu sarapan pagi, kini perut harus membiasakan diri untuk jarang sarapan pagi. oh sungguh menyiksa diri sendiri -_-" akibat males keluar kostan buat beli sarapan pagi. Lantas di mana mandirinya ini? iya dimana ya? udah dibilang butuh proses :D

Awal kuliah masih males-malesan. Masih suka senang-senang, masih suka kebiasaan buruk yang setiap bulan belanja, masih suka sering makan-makanan diluar (delivery). Masih gila-gila dengan hal itu. Hingga akhirnya, proses alam membuat saya harus belajar mandiri. 

Belajar untuk mengerti hidup, belajar untuk memahami hidup dan belajar untuk bertahan hidup. *ae serius amat neng. Perlahan tapi pasti kebiasaan buruk saya mulai berkurang, mulai dari kebiasaan suka makan beli delivery, sekarang enggak lagi. Lebih mikirin pengeluaran yang lain jauh lebih banyak, dan saya mulai sering masak.Mungkin udah kepepet banget baru beli masakan yang udah jadi. Hingga akhirnya saya lebih banyak mendapatkan ilmu, dari yang hanya bisa memasak beberapa masakan saja, kini lumayan banyak yang bisa saya masak :D

Nyuci baju. Memang pada awal kuliah saya lebih suka menyuci sendiri dari pada laundry.Banyak yang rekomendasi nyuruh laundy, tapi menurut saya ini titik awal seseorang untuk balajar yang namanya mandiri. Masa iya cuma nyuci baju yang 2 atau 3 lembar seharinya susah? kayaknya enggak deh.

Nah.. untuk kebiasaan yang belanja2 baju dsbnya ini, saya rasa sudah mulai berkurang. Kalau dulu tiap bulan pasti ada aja yang dibeli. Untuk kali, hasrat untuk hemat mulai timbul :D lebih mikirin kedepannya gimana
mana sekarang rasanya liat Ipeka enggak sesuai, dengan pemeberian yang dikasih orang tua itu, rasanya mikir 2 sampai 3x lipat untuk boros.

Hidup mandiri itu memang betul-betul harus di tanamkan sedini mungkin. Kalau ketergantungan sama orang lain juga yang susah diri sendiri. Contoh hal kecil, apa-apa sama temen, keluar kewarung depan rumah mesti ditemenin. Aduh tolonglah ya, terkadang orang lain juga risih dengan sikap yang enggak mandiri itu. 

Ya walaupun sulit untuk belajar mandiri. Seenggaknya seleksi alam dapat merubah kebiasaan yang buruk :D 

6 komentar:

  1. tapi udah bisa mandi sendiri kan? :p

    BalasHapus
  2. Udah jadi anak rantauan, udah kuliah mesti mandiri dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe
      iya donk kak :D Hidup anak rantauan!!

      Hapus
  3. enak kan tinggal sendiri, g ada mama yang ngelarang. tapi ga enaknya klo lagi sakit. ga ada mama yang bikinin makanan sama nyiapin obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak nggak enak si sebenernya :D
      nah betul itu, sakit enggak ada yang perhatiin :(

      Hapus