Selamat datang dan selamat berbagi cerita. Menulis adalah awal mula kekreatifan seseorang :)

Kamis, 20 November 2014

Sholat Jum'at itu??

Hai para lelaki yang akan menjadi sosok seorang yang berdiri kokoh, dihadapan seorang wanita ketika iya hendak sholat menghadap Sang Pencipta. Apa lagi kalau bukan "Imam". Ya, seorang pemimpin imam dalam keluarganya kelak.

Sudah kodratnya seorang lelaki akan menjadi sosok pemimpin keluarga dikemudian hari. Nggak langsung jadi pemimpin keluarga juga si sebenarnya, mungkin bisa belajar dari hal-hal kecil seperti menjadi pemimpin untuk diri sendiri, kemudian dalam kelas, lalu yang paling tinggi tingkatannya pemimpin dalam organisasi.

Yang namanya pemimpin dimana-mana harus mengetahui dahulu sikap, tata cara, tujuan dan aturannya. Saya rasa jika hal itu ia ketahui, Insyallah bisa menjadi sosok seorang pemimpin yang baik dimanapun anda menjadi seorang pemimpin.

Lantas apakah hubungannya dengan sholat Jum'at?

Saya juga bingung si sebenarnya, hanya saja "menurut" saya jika kita kaitkan sosok seorang pemimpin dengan sholat Jum'at itu ada kaitannya.

Lalu dimana keterkaitannya?

Seperti yang saya bilang tadi, sebelum menjadi pemimpin harus mengetahui dahulu sikap, tata cara, tujuan dan bahkan aturannya. Pada Sholat Jum'at, para lelaki terkadang belum mengetahui betul mengenai Sholat Jum'at ini.

Kenapa saya bilang begitu?

Ketika saya bertanya dengan beberapa orang, termasuk adik dan kakak saya sendiri

"nggak sholat Jum'at?"

"Nanti saja belum adzan juga"

Disini, artinya kalian para lelaki belum mengetahui tata cara dan aturan mengenai Sholat Jum'at itu sendiri.

Bukan kah saya bilang sebelum menjadi sosok pemimpin itu harus mengetahui sikap, tujuan, tata cara dan aturannya agar menjadi sosok pemimpin yang baik?

Jika beberapa elemen itu tidak diketahui, dengan kata lain kita belum bisa menjadi sosok pemimpin yang baik. Ingat! "Belum Bisa" bukan berarti "Tidak Bisa".

Artinya, Anda pasti bisa untuk menjadi sosok pemimpin yang baik. Dari sini kita ubah pola pemikiran mengenai sholat Jum'at itu sendiri. Kalian tau wahai calon pemimpin Imam.

Sholat Jum'at itu akan berbeda amalan pahalanya jika kalian
1. Yang menghadiri sholat jum'at dengan memperhatikan adab-adabnya, maka akan dicatat setiap             langkahnya sebagai amalan satu tahun yang mencangkup pahala puasa dan bangun malam.
2. Barang siapa yang bersegera datang ke masjid untuk melaksanakan sholat sholat jum'at seakan-akan     dia telah bersedekah dan berkurban dengan kurban yang besar.
3. Orang yang melakukakan sholat Jum'at sesuai dengan adab-adabnya, maka Allah akan                         mengampuninya selama sepuluh hari.

Peluang terbesar untuk para lelaki mengumpulkan point-point amalan selama hidup, selain sholat 5 waktu bagi para lelaki.

Saya sangat miris, ketika mendapati kalian para calon pemimpin imam tidak mengerjakan salah satu sholat wajib ini. Kalian lebih suka menghabiskan waktu nongkrong ditempat-tempat makan, lalu memilih bermain Gap ketimbang segera sholat.

Bukan, bukan saya tidak senang kalian melakukan hal tersebut. Hanya saja, ada baiknya untuk segera melakukan kewajiban-kewajiban dalam hidup Anda.

Nggak hanya prihatin sama orang yang tidak mengerjakannya saja, lebih prihatin lagi sama orang yang sudah ada niat untuk sholat tapi bilangnya

"iya, nanti sebentar lagi.. belum adzan juga"

Astagfirullah.. taukah kalian calon pemimpin imam

ketika Khotib menaiki mimbar, diam lalu menyimak apa yang disampaikan Khotib, disanalah dimulainya pahala terhitung LEBIH dibanding pada sholat biasa. Jadi, ketika kalian datang ke masjid khotib sudah selesai kutbah, maka amalan sholat Jum'at kalian itu HANYA dihitung seperti sholat biasa.

Sayang, sangat disayangkan sekali...

Bukan untuk mengajari atau mengurui, hanya saya kita selaku manusia untuk saling meng-ingatkan
mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui hal itu.

Harapan saya, ketika seseorang sudah mengetahui hal ini. Bisa memperbaikinya, agar perlahan sikap, tata cara, tujuan dan aturan menjadi pemimpin yang baik dapat benar-benar bisa didapatkan.

Siapa si kaum Hawa yang tidak ingin mempunyai sosok seorang pemimpin yang baik, yang bisa mengayomi, yang bisa mendidik dan bahkan menjadi sosok "pemimpin yang sempurna dimatanya". Setidaknya sempurna dimata Wanitanya.

Karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik-Nya :)















Sumber : http://www.ahmadzain.com/read/karya-tulis/151/hukumhukum-seputar-sholat-jumat/

12 komentar:

  1. sholatlah sebelum kita di sholati .... utk perkara sholat baik wanita ataupun pria itu sama hrus diutamakan, pria yg akan jadi pemimpin dan wanita yang akan dipimpin ,,, :)

    Salam Sukses Mulia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups betul banget :)

      salam sukses juga ;)

      Hapus
    2. hmmm...mas fiu ngomongnya sudah kayak ustad saja, hehe..

      tetapi benar juga sih, sholat juga gak kalah penting, karena merupakan tabungan kita diakhirat nanti, bukan begitu mbak yuni.

      Hapus
    3. hehehe
      iya betul sekali mbak Devy :)

      aamiin siapa tau mas fiu itu emang jalannya entar jadi ustad :)

      Hapus
  2. klo ga salah kothbah itu di itung dua rakaat dah, klo ga salah ya...

    BalasHapus
  3. ini penting banget tapi miris banget ya banyak cowo yang males solat jumat. :'(

    BalasHapus
  4. terimakasih pencerahan tentang sholat Jum'at yang wajib di laksanakan oleh kaum lelaki yang di ciptakanuntuk menjadi pemimpin minimal pemimpin dan imam keluarga dengan demikianpatutlah saya mengetahui lebih dalam lahi sholat jum'at itu.
    haturnuhun ya neng.

    betew saya teh udah follow blognya geuningan teh yah :D

    BalasHapus